TUGAS 2 FILSAFAT PENDIDIKAN


TOKOH PENDIDIKAN
Hidup dan kehidupan tak kan dapat terlepas dari pendidikan.  Kegiatan atau proses pendidikan akan terasa amat penting  dan sangat dibutuhkan dalam menghadapi ilmu dan teknologi yang sangat pesat kemajuannya seperti sekarang ini. 
Suwardi Surya Ningrat atau yang lebih dikenal dengan Ki Hajar Dewantara beliau adalah salah satu tokoh pendiri pendidikan yang sampai sekarang masih popular dikalangan para pelajar.
Tokoh ini sangat identik dengan pendidikan di Indonesia.  Dia dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.Hari lahirnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ajarannya pun dipakai oleh Departemen Pendidikan RI sebagai jargon, yaitu tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberi dorongan, di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa, di depan memberi teladan).
Mengapa Ki Hajar Dewantara tidak menggunakan nama Suwardi Surya Ningrat ? karena beliau tidak mau tersebar dan tidak mau diketahui bahwa beliau berasal dari kelurga ningrat dan juga beliau merupka tokoh pendidikan.
Menelaah tentang isi buku bahwa dibagian pendidikan nasional dalam pendidikan harus dimengert bahwa pendidikan berawal dari raa kemerdekaan, dimana kemerdekaan tersebut adalah yang memahami batasan batasan. Dan bataan bataan tersebut bukanlah berarti bergeraknseenaknya saja tetapi bergerak dengan aturan dan hukum yang sudah ditetapkan .
Untuk membentuk pendidikan nasional harus berdiri sendiri, tidak bergatung kepada orang lain dan dapat mengatur dirinya sendiri. Serta pengajara nya juga harus selaras dengan kehidupan yang berbangsa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS FILSAFAT PENDIDIKAN 4

filsafat pendidikan tugas 5